Reformasi Aktivitas di Alam Modernitas

J0315580Berikut mungkin dapat menginspirasi Anda dalam menghadapi berbagai tantangan yang seringkali datang silih berganti di sepanjang waktu:
1. Berolah ragalah secara rutin teratur minimal tiga hari sejam dalam seminggu. Aktivitas ini sebenarnya untuk menguatkan fisik seseorang dalam menghadapi beban yang terkadang datang secara tidak terduga. Rosul mengajarkan untuk memilih olah raga yang sesuai dengan fisik seseorang. Berenang dan jalan sehat adalah beberapa olahraga yang sering dianjurkan oleh rosul.
2. Mengatur nutrisi empat sehat lima sempurna. Sebaik-baiknya makan dan minum pada prinsipnya adalah ia tidak bersifat berlebihan. Makan minumlah secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
3. Bekerja semampunya. Bekerja yang baik adalah berusaha dengan kemampuan yang dimilikinya dan terus berusaha meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.
4. Hemat. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan bukan hanya sekedar belanja sesuai dengan apa yang diinginkan. Anggaran pendapatan belanja sebaiknya diatur sebaik-baiknya dan seefisien mungkin.
5. Menjaga silaturahmi. Menjalin kasih sayang persaudaraan yang intensif terkadang dapat membuka lebar suasana untuk saling tolong menolong. Pepatah bijak dulu mengingatkan bahwa pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang rutin terus menerus dilakukan tiada henti. Jadi membuat agenda rutin mingguan atau bulanan untuk bersilaturahmi adalah langkah yang cukup bijaksana.
6. Istirahat tidur kurang lebih delapan sejam sehari. Tubuh pun perlu istirahat untuk menyambut kembali aktivitas harian. Hanya dengan kondisi tubuh yang sehat dan segar agenda aktivitas akan dengan mudah dipenuhi sebaik-baiknya.
7. Menekuni aktivitas spiritual secara rutin. Mengunjungi tempat beribadah, melaksanakan aktivitas ibadah individu seringkali akan lebih memperluas dan memperkaya system pertahanan pribadi sosial dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan. Dan ini adalah modal kehidupan yang sangat besar.
8. Refreshing. Mengatur agenda pemulihan dan penyegaran tubuh atau relaksasi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi budget dan tidak perlu mahal-mahal. Mengunjungi alam pegunungan, laut, atau keluarga di pedesaan, adalah beberapa pilihan untuk kembali bersemangat menyambut aktivitas harian.
9. Evaluasi. Evaluasi sebenarnya mengkaji ulang setiap aktivitas dan agenda yang kiranya kurang efektif, keluar dari jalur yang diharapkan, dan aktivitas bersifat pemborosan. Sesekali melakukan studi literature, studi lapangan, atau konsultasi kepada mereka yang sudah terbilang sukses, kiranya merupakan langkah yang cukup bijaksana. [dbs]

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: